daftar isi

Read more: Cara Membuat Daftar Isi Pada Blog http://ojelhtc.blogspot.com/2011/12/cara-membuat-daftar-isi-blog.html#ixzz1glK7t2yB Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

alexa

cara membuat risen post

Read more: Cara Membuat Recent Post Bergerak Ke Bawah http://ojelhtc.blogspot.com/2011/11/cara-membuat-recent-post-bergerak-ke.html#ixzz1gl27o5TN Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

risen post

Kamis, 27 Oktober 2011

wawasan tentang sumber daya alam


 WAWASAN NUSANTARA

Negara indonesia merupakan wilayah yang terdiri dari wilayah daratan dan lautan,daratan yang terdiri dari berbagai pulau-pulau dengan beraneka rangam budaya yang terdapat didalamnya.Yang menjadi konsep dasar dari wilayah kepulauan negara indonesia adalah tertuang dalam Deeklarasi Djuanda 13 Desember 1957,bahwa wiilayah indonesia merupakan wilayah yang sangat strategis.Daratan /pulau-pulau yang terpisahkan oleh luasnya lautan dapat disatukan melalui Kesatuan Republk Indonesia.Wawasan Nusantara merupakan cara pandang Bangsa Indonesia mengenai wilayah Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri darat, laut dan udara di atasnya menjadi suatu kesatuan dalam berbagi didang,diantaranya; Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya dan Hankam.
Arachipelago
Wilayah negara Indonesia yang terdiri dari kepulauan ini sangat luas,luas keseluruhan daratan dan lautan adalah 1,904,569 km2. Untuk luas lautanya hanya 4.85% dari luas keseluruhan.Dengan wilayah Nusantara yang cukup luas,selain letaknya yang strategis,ternyata didalamnya mempunyai berbgai macam kekayaan,baik kekayaan adat budaya maupun kekayaan Sumber Daya Alam yang melimpah. Ini merupakan kekayaan Indonesia yang belum tentu dimiliki oleh negara-negara lain,potensi sumber daya yang terkandung alam bumi indonesia dapat kita pergunakan untuk kebutuhan penduduk dan kepentingan untuk pertahanan negara Republik Indonesia.Sumber daya alam indonesia dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui (air,tanah,tumbuhan,hewan) dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui(minyak bumi,batu bara,timah dan hasil-hasil tambang yang lainnya),atau bisa juga dikategorikan menjadi sumber daya alam hayati dan non hayati.

Pemanfaatan Sumber daya alam indonesia untuk memenuhi kebuthan manusia indonesia.Sumber daya alam yang dapa diperbahaui contohnya ;Air yang merupakan kebutuhan utama bagi seluruh makhluk hidup. Bagi manusia untuk keperluam kehidupan sehari-hari ,minum, mandi dan mencuci dll.Manfaat yang lainya diantaranya sebagai sarana transportasi,irigasi,wisata,PLTA.Udara ynag menyelimuti bumi disebut atmosfer,sebagai lapisan Ozon ynag berfungsi melindungi bumi dari sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari.Tanah adalah lapisan kulit bumi bagian atas yang terbentuk dari pelapukan batuan dan bahan organik yang hancur oleh proses alamiah. Tanah dimanfaatkan untuk pertaianian, seperti ,tanaman makanan pokok yaitu padi, jagung dan sagu,tanaman palawija terdiri dari ubi-ubian dan kacang-kacangan dan berbagi macam berbagai jenis tanaman sayuran dan buah-buahan.Hewan dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumsi kanusia dan juga dapat membantu aktifitas manusia. Sedangkan tumbuhan untuk berbagai jenis tanaman hutan yang dapat menghasilkan kayu.
Deklarasi Djuanda
Deklarasi Djuanda adalah deklarasi yang menyatakan kepada dunia bahwa wilayah kelautan indonesia meliputi wilayah laut sekitar dan laut yang didalam perairan indonesia yang menjadi satu kesatuan NKRI.Didalam Deklarasi Djuanda dinyatakan bahwa Indonesia mengikuti prinsip-prinsip negara berkepulauan yang luas dan yang pada saat itu mendapat pertentangan besar dari beberapa negara, sehingga laut-laut di undonesia bukan merupakan kawsan bebas ynag dapat dilalui oleh negara-negara lain.Luas wilayah Republik Indonesia berganda 2,5 kali lipat dari 2.027.087 km² menjadi 5.193.250 km² dengan pengecualian Irian Jaya yang walaupun wilayah Indonesia tapi waktu itu belum diakui secara internasional.
ZEEI(Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia)
Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia menjelaskan bahwa laut diluar dan berbatasan dengan laut wilayah keliling Indonesia yang meliputi dasar laut, samapai bagian keatas air laut ynag mempunya jarak sejauh 200 (duaratus) mil laut itu diukur dari garis pangkal laut wilayah Indonesia ke batas paling luar wilayah laut indonesia.
Didalam Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia terdapat juga penjelasan / penegasan mengenai batas-batas wilayah Indonesian yang behubuungan dengan jalur laut luar yaitu sbb:
bahwa dalam batas 12 mil wliayah laut Indonesia ,kapal-kapal asing yang yang melalui wilayah ini harus izin terlebih dahulu,dan juga tidak diperbolehkan untuk mengambil hasil kekayaan laut yang terdapat pada batas tersebut.Sedangkan pada batas 200 mil dari wilayah indonesia,kapal-kapal asing yang diperbolehkan melalui wilayah ini tanpa harus izin terlebih dahulu ,dan juga tidak diperbolehkan untuk mengambil hasil kekayaan laut yang terdapat pada batas tersebut.
Luas daratan
Pada tahun 2004 wilayah daratan indonesia 7.7 juta kilo meter persegi , terdiri dari 17504 pulau,dimana 6.000 di antarapulau tersebut tidak ada penghuninya,pulau tersebut tersebar sekitar katulistiwa indonesia ynag dapat memberikan cuaca tropis. Pulau yang mempunyai jumlah penduduk yang paling padat adalah pulau jawa,kira-kira 65 % dari penduduk indonesia. Indonesia juga terdiri dari 5 pulau besar, yaitu: Jawa,Sumatera,Kalimantan,Sulawesi dan Irian jaya. Wilayah indonesia terdapat kuran lebih 400 gunung berapi and 130 di antaranya yan masih aktif. Indonesia juga dilalui oleh dua jalur pegunungan yaitu:jalur pegunungan Mediterania dan jalur pegunungan Sirkum Pasifik,disamping itu juga terbentang garis katulistiwa.
Sumber-sumber alam yang terdapat di Indinesia diantaranya adalah;kayu hasil dari hutan indonesia,tanaman pokok dari pertanian ,juga hasil tambang seperti minyak,batubara,emas dll.
Kebijakan-kebijakan pemerintah diantaranya sbb:
1.Undang-undang mengenai zona ekonomi eklusive indonesia.
2.Hak berdaulat,hak lain-lain,yiridis dan kewajiban-kewajiban.
3.kegiatan-kegiatan zona ekonomi eklusive indonesia.
Luas Udara
Wilayah indonesia yang terdiri dari daratan dan perairan yang luasnya 7.7 juta kilometer persegi,juga memiliki luas udara seluas wilayah indonesia.Dengan luasnya wilayah udara indonesia sangat berperan bagi indonesia dalam trasportasi udara,dimana daerah indonesia yang tidak terjangkau dengan transpotasi darat,maka salah satu alternatifnya menggunakan transpotasi udara.


0 komentar:

Poskan Komentar



GuestBook

 

sumber daya alam Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha