daftar isi

Read more: Cara Membuat Daftar Isi Pada Blog http://ojelhtc.blogspot.com/2011/12/cara-membuat-daftar-isi-blog.html#ixzz1glK7t2yB Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

alexa

cara membuat risen post

Read more: Cara Membuat Recent Post Bergerak Ke Bawah http://ojelhtc.blogspot.com/2011/11/cara-membuat-recent-post-bergerak-ke.html#ixzz1gl27o5TN Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

risen post

Kamis, 27 Oktober 2011

sumber daya alam dan fungsinya


 Sumberdaya Alam dan Fungsinya

Sumberdaya alam, merupakan keunggulan Negara Indonesia dibandingkan Negara maju lainnya. Dengan wilayah Negara yang luas, Indonesia memiliki sumberdaya alam yang kaya. Hal ini didukung oleh Indonesia yang berada di garis khatulistiwa yang menyebabkan negeri Indonesia cocok untuk menanam tanaman-tanaman produktif yang tak bisa ditanam di negeri maju lainnya.apalagi Indonesia memiliki banyak pulau yang mengakibatkan Indonesia memiliki pantai yang luas. Ini pun memperbanyak sumberdaya alam di Indonesia.
Sumberdaya alam adalah segala sesuatu manfaat yang dapat diperoleh dari suatu sumber yang alami. Sepeti hutan yang bisa kita manfaatkan kayunya, ladang minyak, dan lain-lain. Sumberdaya alam Indonesia pun fungsinya sangat banyak. Sumberdaya alam Indonesia yang kaya ini bisa menjadi cadangan devisa Indonesia. Dan sumberdaya alam Indonesia banyak yang disewakan seperti yang terjadi pada sumberdaya alam minyak yang di manfaatkan oleh Exxon mobile sekarang ini. Pemerintah Indonesia mendapatkan keuntungan dengan menetapkan suatu biaya atas eksplorasi yang mereka(perusahaan terkait) lakukan di Indonesia. Hasil dari sumberdaya alam Indonesia ini dijadikan suatu modal bagi pemerintah Indonesia untuk membangun Indonesia menjadi Negara yang maju. Sumberdaya alam Indonesia yang melimpah ini juga bisa berfungsi sebagai lapangan pekerjaan bagi rakyat Indonesia, seperti perkebunan teh, sawah, perkebunan, dan lain-lain. Sumberdaya alam Indonesia juga berfungsi sebagai faktor produksi bagi perusahaan yang ada di Indonesia. Seperti contohnya perusahaan gula dengan faktor produksinya perkebunan tebu yang subur.
Menurut saya, sumberdaya alam di Indonesia harus dilestarikan dan dijaga keasriannya, karena fungsi dari sumberdaya alam Indonesia yang begitu besar bagi Negara Indonesia ini sendiri. Dan pemanfaatan sumberdaya alam jangan sampai merusak sumberdaya alam tersebut dengan menghindari eksploitasi besar-besaran, membakar hutan, dan tindakan lain yang menyebabkan degradasi fungsi sumberdaya alam Indonesia.


0 komentar:

Poskan Komentar



GuestBook

 

sumber daya alam Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha