daftar isi

Read more: Cara Membuat Daftar Isi Pada Blog http://ojelhtc.blogspot.com/2011/12/cara-membuat-daftar-isi-blog.html#ixzz1glK7t2yB Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

alexa

cara membuat risen post

Read more: Cara Membuat Recent Post Bergerak Ke Bawah http://ojelhtc.blogspot.com/2011/11/cara-membuat-recent-post-bergerak-ke.html#ixzz1gl27o5TN Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

risen post

Kamis, 08 Desember 2011

manfaat air bersih






manfaat air bersih bagi kehidupan




Air

Air adalah zat atau materi atau unsur yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi, tetapi tidak di planet lain. Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di bumi. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air, dan lautan es. Air dalam obyek-obyek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff, meliputi mata air, sungai, muara) menuju laut. Air bersih penting bagi kehidupan manusia. Di banyak tempat di dunia terjadi kekurangan persediaan air. Selain di bumi, sejumlah besar air juga diperkirakan terdapat pada kutub utara dan selatan planet Mars, serta pada bulan-bulan Europa dan Enceladus. Air dapat berwujud padatan (es), cairan (air) dan gas (uap air). Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan bumi dalam ketiga wujudnya tersebut. Pengelolaan sumber daya air yang kurang baik dapat menyebakan kekurangan air, monopolisasi serta privatisasi dan bahkan menyulut konflik. Indonesia telah memiliki undang-undang yang mengatur sumber daya air sejak tahun 2004, yakni Undang Undang nomor 7 tahun 2004 tentang Sumber Daya Air


Fakta Air

Air merupakan suatu senyawa yang sangat penting bagi semua mahluk hidup dan terdapat dimana-mana. Air mempunyai senyawa kimia hydrogen (H) dan oksigen (O) dengan rumus kimia H2O, yang berarti 1 molekul air terdiri dari 2 atom hydrogen yang berikatan dengan 1 atom oksigen.

Secara umum air terdapat dalam bentuk cair, tetapi senyawa air sendiri mempunyai berbagai bentuk seperti bentuk padat pada es dan bentuk gas pada uap. Bagian bumi sendiri hampir 71 % nya ditutupi oleh permukaan air, dimana yang paling banyak terdapat pada lautan sebanyak 97 %, glasier serta es di kutub utara sebanyak 2,4 % serta sungai dan danau sebanyak 0,6 %.

Air di bumi sendiri secara terus menerus berputar melalui siklus air yang meliputi evaporasi atau penguapan dan kondensasi atau pendinginan (menjadi hujan) serta sublimasi atau pembekuan (menjadi es/salju). Secara garis besar proses penguapan baik dari lautan ataupun melalui pernafasan tumbuhan berkontribusi untuk terjadinya hujan di permukaan bumi ataupun salju di dataran tinggi/mengalami musim dingin.


Air Bekerja Dengan Ajaib

Bila Anda minum banyak air bersih dan jernih, maka hal tersebut akan memacu peningkatan kesehatan Anda, di mana para peneliti menemukan bahwa, makin hari makin banyak keuntungan dengan minum air dalam jumlah yang cukup bagi kesehatan, termasuk: Pencernaan dan metabolisme yang lebih baik. Minum air dalam jumlah yang cukup menjadikan baik pencernaan maupun metabolisme dapat bekerja pada kapasitas maksimalnya. Faktanya, penelitian terbaru dari University of Utah menyatakan bahwa kekurangan air dapat menyebabkan menurunnya metabolisme.


Manfaat Air Bagi Tubuh

Setiap bagian tubuh manusia terbuat dari sel-sel. Protoplasma sebagai materi dasar dari sel terbuat dari lemak, karbohidrat, protein, garam dan elemen serupa yg dikombinasikan dengan air. Air sendiri berfungsi sebagai zat pelarut dan pembawa. Sebuah sel akan bertukar komponen dengan organ tubuh lain melalui proses elektrolisis, dimana pada kondisi normal mineral dan elemen mikro lainnya akan menembus membran sel menuju nucleus melalui proses elektro osmosis. Tubuh memerlukan elektrolit untuk menjalankan fungsi dasarnya. Ketika tubuh kekurangan cairan, maka proses elektrolisis tidak dapat terjadi sehingga sel tubuh akan menjadi kering dan mati. Sehingga untuk menjaga supaya sel tubuh tetap terjaga hidrasinya serta keseimbangan elektrokomia tubuh juga tetap terjaga, maka tubuh memerlukan air.


Manfaat Minum Air Untuk Kesehatan

Memperbaiki kemampuan dan daya tahan tubuh
Anda akan mampu bekerja lebih keras/berat bila mendapatkan air yang cukup. Sebagai tambahan, air dapat memperkuat daya tahan tubuh Anda. Karena air dapat menaikkan simpanan glycogen, suatu bentuk dari karbohidrat yang tersimpan dalam otot dan digunakan sebagai energi saat Anda bekerja.

Mengurangi resiko terhadap beberapa macam penyakit
Para peneliti saat ini meyakini bahwa cairan atau tepatnya air dapat berperan aktif dalam mengurangi resiko terhadap beberapa penyakit seperti: batu ginjal, kanker saluran kencing, kanker kandung kemih, dan kanker usus besar (colon). Minum cukup air dapat pula menghindari sembelit.

Mencegah kerusakan otak
Rata-rata berat otak manusia adalah 1,4 kg, dimana 85 % diantaranya terdiri dari air. Otak sangat sensitive terhadap kekurangan cairan, dimana disebutkan bahwa otak bahkan tidak mampu untuk mentolerir kekurangan air sebanyak 1 % dan jika berlangsung dalam waktu lama, maka otak tidak dapat berfungsi secara baik. Manfaat minum air yang cukup untuk otak antara lain : membantu tubuh untuk melengkapi kembali asupan untuk neurotransmitter serotonin, membantu produksi melatonin (senyawa yang berfungsi dalam pengaturan tidur), sebagai pemberi tenaga karena air membuat sel dapat berfungsi serta membantu untuk mempertahankan daya ingat karena dengan otak yang terjaga hidrasinya dapat membantu untuk menanamkan informasi baru pada tempat penyimpan daya ingat di otak.

Mencegah tingginya kadar kolesterol
Minum air yang cukup juga berperan penting untuk mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Hal ini karena dengan minum air yang cukup dapat membantu kelancaran peredaran darah, sehingga dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

Mengatasi migrain/sakit kepala
Para peneliti menyatakan bahwa dehidrasi dapat mengakibatkan migrain/sakit kepala, jadi bila Anda sering mengalami migrain adalah sangat penting untuk minum air dalam jumlah yang cukup.

Tahan lapar
Rasa lapar kadang merupakan penyamaran dari rasa haus. Sewaktu anda mengalami dehidrasi (kekurangan air) Anda mungkin merasa ingin makan padahal yang Anda butuhkan sebenarnya adalah air. Anda juga dapat memanfaatkan efek rasa kenyang dari minum air untuk mencegah makan berlebihan.

Pembuangan sampah dan zat berbahaya dari tubuh
Organ tubuh kita terbuat dari sel, dimana sel tersebut terdiri dan hidup dalam larutan berair. Darah kita juga sebagaian besar terbuat dari air dan berfungsi untuk melarutkan, memproses dan mengangkut nutrisi serta zat buangan. Pada kasus dehidrasi, darah menjadi lebih kental dan tidak dapat mengalir dengan semestinya sehingga mengakibatkan nutrisi tidak dapat dialirkan ke seluruh tubuh. Darah juga tidak dapat mengalirkan zat buangan ke bagian ekskresi, sehingga zat tersebut akan menumpuk di sel tubuh dan dapat mempengaruhi fungsi dari sel tubuh.


Manfaat Minum Air Untuk Kecantikan

Manfaat minum air yang cukup bagi kesehatan kulit masih merupakan hal yang menimbulkan kontroversi. Banyak yang percaya bahwa air sangat penting bagi perawatan kulit, karena dengan minum air yang banyak akan membuat kulit terjaga kelembapannya dan mencegah kulit menjadi kering. Banyak juga yang menegaskan bahwa dengan minum air akan membuat kulit menjadi bercahaya, terlihat lebih sehat dan muda tanpa timbulnya kerutan dan juga membuat kulit terjaga elastisitas dan kelembutannya.

Akan tetapi, banyak juga ahli yang menyangkal pendapat tersebut diatas. Kecuali seseorang menderita dehidrasi yang parah, minum air dalam jumlah banyak tidak akan mencegah kulit menjadi kering. Pada dasarnya tingkat kelembapan kulit tidak dipengaruhi oleh faktor internal, akan tetapi oleh faktor eksternal seperti kebersihan kulit, faktor lingkungan serta jumlah kelenjar minyak. Air yang diminum tidak akan mencapai lapisan epidermis kulit, bahkan air akan bergerak melalui sistem tubuh lebih cepat. Jika kulit kering, cara terbaik untuk melindungi kulit adalah dengan mengoleskan pelembap kulit untuk kulit kering. Pelembap ini akan membentuk lapisan pelindung yang mencegah hilangnya air dari kulit.

Meskipun demikian ada juga manfaat air bagi kesehatan kulit walaupun bukan untuk melembabkan. Minum air dalam jumlah yang cukup sangat penting untuk membantu membuang kotoran ataupun toksin dari tubuh ke sistem pembuangan. Apabila jumlah air yang mengalir dalam tubuh tidak mencukupi, maka toksin tersebut dapat menumpuk didalam tubuh dan keluar melalui pori-pori kulit yang dapat menimbulkan jerawat. Sehingga apabila sistem pembuangan tubuh lancar, maka jerawat akan jarang muncul karena toksin dapat terbuang dengan baik.


Fungsi Air yang utama adalah :

1. Membentuk sel-sel baru, memelihara dan mengganti sel-sel yang rusa
2. Melarutkan dan membawa nutrisi-nutrisi, oksigen dan hormon ke seluruh sel tubuh yang membutuhkan
3. Melarutkan dan mengeluarkan sampah-sampah dan racun dari dalam tubuh kita
4. Katalisator dalam metabolisme tubuh
5. Pelumas bagi sendi-sendi
6. Menstabilkan suhu tubuh
7. Meredam benturan bagi organ vital


Akibat Dehidrasi

Banyak yang mengira bahwa mengalami dehidrasi apabila bibir menjadi kering dan pecah-pecah serta mulut terasa kering. Tetapi hal tersebut salah, karena tanda diatas menunjukkan bahwa tubuh telah mengalami dehidrasi berat. Sebenarnya dengan kehilangan sedikit air saja sudah dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi.

Apabila tubuh mengalami dehidrasi, maka tubuh harus membagi jumlah air yang tidak mencukupi tersebut untuk dapat bekerja dengan baik, sehingga tubuh akan mengurangi fungsinya untuk mencegah kehilangan air. Kondisi dehidrasi dapat menyebabkan terjadinya berbagai masalah kesehatan seperti terganggunya peredaran darah, terbentuknya batu ginjal, kerusakan organ otak, dan lain-lain.


Berapa Jumlah Asupan Air Yang Cukup

Jumlah kebutuhan air bagi setiap orang dapat berbeda-beda, tergantung dari faktor lingkungan, jenis aktiftas serta berat badan. Sebagai contoh pada orang gemuk memerlukan asupan air yang lebih banyak untuk membantu membakar lemak dan juga menghilangkan toksin sebagai akibat metabolisme lemak.

Banyak yang menyarankan untuk minum setidaknya 8 gelas (+ 2 liter) air sehari, tetapi bagi orang yang banyak beraktfitas diluar ruangan atau melakukan aktifitas berat seperti berolahraga ataupun tinggal di daerah yang kering dan panas maka disarankan untuk minum lebih banyak air lagi.

Jika air seni yang dikeluarkan berwarna kuning cerah ataupun jernih, hal tersebut merupakan pertanda bagus bahwa kita telah minum air dalam jumlah yang cukup. Tetapi apabila air seni yang kita keluarkan berwarna gelap ataupun keruh menunjukkan bahwa tubuh perlu asupan air yang lebih banyak lagi.

Kemudian apabila kita berniat ingin menambah asupan air, maka yang perlu diingat bahwa asupan tersebut sebaiknya berupa air putih, dimana kopi dan soda tidak termasuk karena mempunyai struktur kimia yang berbeda dengan air putih. Meskipun demikian air dari buah atau sayuran segar dapat juga digunakan untuk menambah asupan air bagi tubuh.


0 komentar:

Poskan Komentar



GuestBook

 

sumber daya alam Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha